The Amazing 7 Days : Keberangkatan

…perasaan bisa pupus, namun logika ‘kan selalu ada – Mariisa Anita

Datang karena cinta. Karena di sini yang semula berawal, lalu berakhir tepat sebelum aku meninggalkannya.

Datang karena janji. Namun harus diingkari oleh ragu. Melawan logika, mencari alasan untuk mengalahkan hati dan memenangkan logika.

Datang karena kenangan. Setiap sudut bercerita. Seperti baru kemarin melihat diriku berdiri, berjalan dan sekarang melarikan diri dari kejaran waktu.

Datang karena sahabat. Menyatukan sisa cerita. Tentang kenangan yang menjadi nostalgia. Tentang cinta yang mereka bagi. Tentang perjuangan yang akan digapai. Dan tentang asa, terkadang hanya mereka yang tau dan mengerti.

 

“Lho kamu kuliah di Jogja toh?” Si Bos sambil nyengir nanya. Entah dia baru tau ato belum baca resume lamaran saya deh kemarin.

“Iya, Pak,” bales nyengir.

“Kuliah di mana?” nanya lagi, kayaknya basa basi banget.

“Saya di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam, Pak”.

“Itu kampusnya di mana?” masih kelihatan basa basi. Pertanyaan ini rupanya bener-bener melekat buat kampus saya.

“Ooh… itu di dekat UAD, Pak”

“Yang deket Mandala Krida itu yaah?”

“Iya, Pak,” lega juga akhirnya Si Bos tau lokasinya.

“Kamu ke Jogja mo ketemu pacarmu yaah?? Ato mo ketemu mantanmu??” pertanyaan Si Bos ini kalo ukuran sinetron udah di zoom in zoom out nih muka saya.

“Gak, Pak. Cuma jalan-jalan aja hehehe” sambil ketawa terpaksa.

“Oooh atau mo lamaran yaah??” Si Bos makin ngaco. Entah dapet gossip dari mana.

Itu sedikit cerita sebelum keberangkatan saya ke Jogja. Selama 7 hari kerja, saya senang menyebutnya sebagai The Amazing 7 Days hehehe… sebenarnya karena beberapa hari kemarin lai seneng banget nonton The Amazing Race. Awalnya sih pengen banget berangkat hari jumat langsung cuss sorenya naik travel. Tapi karena ada om-om yang mo ikut, *maksudnya Om Nugi) ya sudah, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat bareng, menyesuaikan dengan jadwal jaga Om Nugi. Oh iya, kenalin Om Nugi, security paling gaul di BSM hehehe

Sendawar – Balikpapan
Minggu, 17 November 2013. Kami berangkat dengan travel satu-satunya di kota terpencil ini *kayaknya emang satu-satunya). Di kantor, jam 4 sore udah janjian sama travelnya dan udah jam 3.19, Om Nugi belum juga datang.

“Om Nugi di mana?”

“Masih di rumah. Kenapa??” *HAH!!! KENAPA?? Hellloooooww kita berangkat jam 4 ooom)

“Tapi udah siap kan, Om?” mengurungkan niat untuk menulis BBM tadi

“Udah kok, tinggal berangkat”.

“Eh aku nitip You C 1000 Lemon Water  sama tissue basah yaa, Om”

“OK”

Om Nugi pun datang dengan gaul dan membawa apa yang sudah saya titipkan tadi. Ga lama, travel pun datang menjemput kami.

Orang Bugis punya nasehat seperti ini sebelum bepergian jauh. “Narekko maeloki lao mabela, ita memengni alemu lettu nappako jokka” *Jika ingin bepergian jauh, maka anggaplah dirimu/ jiwamu sudah berada di tujuan terlebih dahulu di sana). Entah bagaimana caranya saya sering melakukan itu, dan saya selalu merasa sudah berada di Jogja sebelum saya berangkat. Entah apa esensinya, tapi ayah saya, kakek saya sering berpesan seperti ini sebelum saya melakukan perjalanan jauh.

Perjalanan cukup menyenangkan karena satu travel kami ada orang Bugis juga. Yaaah seperti biasa, kalo ketemu dengan sesame Bugis diperantauan pasti ceritanya panjang lebar mulai dari tanah kelahiran, keluarga, alasan merantau meninggalkan keluarga dan seterusnya. Pembicaraan yang panjang kali lebar sama dengan luas itu akhirnya berakhir saat saya terlelap oleh goyangan mobil ala – ala odong-odong ekstrem karena lubang jalan di mana-mana.

Di pemberhentian pertama, kami semua turun untuk makan malam. Smua gratis dibayarin sama travelnya tapi Cuma buat satu porsi lho yaa hahaha….  Masih dalam keadaan jetlag *atau carlag kali yaa) dan mata merem melek, terpesanlah ayam goreng lengkap dengan sambel dan lalapannya. Masih dalam keaadaan setengah sadar setengah tidur tapi masih sempat BBM-an sama someone called Bella *hahaha piss yaah Bella) Mamank dan juga Thoto tiba-tiba kenalan yang di travel tadi langsung nyeletuk.

“Manre yolo’ *Makan dulu), BBM-an sama ceweknya nanti dulu”.

Sambil senyum-senyum cuma bias jawab, ”Nda, masih jomblo ini”.

“Ah, masa orang ganteng kayak gini nda ada pacarnya”.

Cuma bisa ketawa-ketawa. Akhirnya makan dengan sedikit tergesa dan akhirnya sambel keciprat dan kena mata. Hadeeeh selanjutnya, mata dikucek-kucek dan ternyata tangan juga udah terkontaminasi sambel. Lengkap sudah! Selama beberapa menit, saya akhirnya makan dengan mata merem sebelah nahan perih akibat keciprat sambel. X_x

Perjalanan kembali berlajut dan travel kembali mampir di warung kopi. Sopir travelnya ngopi-ngopi biar selamat gitu. Pepatah baru “biar ngopi asal selamat” hehehe…. Karena kehausan, tegukan demi tegukan You C 1000 Water Lemon masuk melewati tenggorokan. Dahaga sudah lepas, dengan pelan ku tutup botolnya dan dengan sengaja kuperhatikan tanggal expired-nya. Tertulis dengan jelas 18-11-2013. Sekali lagi kuliat tanggalnya, tidak berubah. Tetap saja 18-11-2013.

“Om, beli di mana ini?” sambil nyorongkan botol Water Lemon.

“Oooh tadi di tempat adekku habis. Jadi kubeli dijalan pas mo kekantor tadi”.

“Liat nih!”

“Lho kamu dah minum po, Sop?”

“Ntar juga kalo beracun juga ketahuan hahahah… Kehausan, jadi ga sempat perhatiin tanggalnya, Om”. Lalu Om Nugi ketawa. *Lo pikir lucu ha?! Wkkwkwk)

Perjalanan kembali berlanjut, saya manfaatkan untuk terus tidur dan tidur kemanapun travel ini pergi. Yang penting jam 5 subuh udah harus nyampe bandara!! Dan ternyata diluar dugaan, travelnya malah nyampe jam 3.30. Akhirnya, menggembellah saya dan Om Nugi di bandara. Dan pintunya baru dibuka jam 5 subuh hoaaaaammm.

Setelah jam 5, perasaan kok di gate sini ga ada penumpang yang masuk yaah. Padahal sudah jam 5 tapi masih sepi. Setelah celingukan liat petugas yang masih bersih-bersih lalu mata tertuju di jadwal keberangkatan. Ternyata nunggu di gate yang salah! Ampun dah! Ternyata bener aja, udah pada ngantri masuk ke “gate yang sebenarnya” fiuuufh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s