100 Tahun Titanic : Hidup Dalam Memori

Hari ini (15/04/2012) tepat 100 tahun tenggelamnya Titanic. Kapal yang tenggelam 15 April 1912 ini dikerjakan oleh 3000-an orang dengan menghabiskan dana sebesar US$7,5 milyar pada masa itu. Jumlah yang sama dengan US$167 milyar pada masa ini.

 Bernama lengkap Royal Mail Ship Titanic, kapal ini memiliki panjang 882 kaki 9 inci (269,06 meter), tinggi 175 kaki (53,34 meter), lebar 92 kaki (28,04 meter), dan berat 46 ribu ton. Tidak kurang dari 2.200 orang berada di atas kapal yang terdiri dari 1.300 penumpang dan 900 kru. Ini hanya memenuhi sekitar 75 persen dari daya tampung kapal yang memiliki kamar untuk 1.100 orang. Titanic juga memuat 75 ribu pounds (34.960 kilogram) daging segar, 16.850 botol minuman keras, 101 ribu buah-buahan, dan 130 ribu alat memasak, barang pecah belah, serta perlengkapan makan. 

 Pelayaran Titanic dari 11 April hingga 14 April 1912 telah menempuh jarak 2.070 mil (3.312 kilometer). Lokasi tenggelamnya kapal memiliki jarak 400 mil (640 kilometer) dengan daratan terdekat. Sekitar 58 mil (92,8 kilometer) jarak Titanic saat tenggelam dengan kapal Carpathia yang baru datang menyelamatkan pada pukul 04.00 pagi. 

 Ada 20 kapal sekoci yang bisa menampung separuh dari 2.200 orang. Tapi hanya sekitar 700 orang yang selamat dengan menggunakan kapal penyelamat tersebut. Penumpang yang selamat dari tragedi Titanic dan terakhir hidup bernama Millvina Dean. Ia meninggal pada 2009. Saat kejadian Millvina baru berusia dua bulan.

 73 tahun sebelum bangkai kapal ditemukan di dasar laut, sudah ada hampir 20 ekspedisi untuk mencarinya. Dana yang dikumpulkan untuk pencarian bangkai kapal hingga tahun 1959 jika dikonversi ke kurs saat ini menjadi US$31,4 juta.

 Peringatan 100 Tahun Titanic
Ada banyak perayaan untuk mengenang tenggelamnya kapal ini. Sejumlah kerabat dan keluarga korban kapal indah nan tragis ini kembali mengarungi laut dengan pakaian, trend dan mode ala tahun 1912. Mereka kembali mengarungi laut mengunjungi tempat tenggelamnya kapal itu. Dengan kapal pesiar MS Balmoral mereka mengikuti rute Titanic dan akan mencapai titik tenggelmnya Titanic pada tanggal yang sama yakni 15 April pada pukul 02:20 dini hari. Di sepanjang perjalanan, kapten akan mengumumkan nama-nama korban yang merupakan kerabat dan keluarga para penumpang.

Bahkan sebuah restoran menyajikan kembali menu makan malam terakhir Titanic sebagai menu istimewa. Restoran di Hotel Hullett House di Hong Kong menyajikan tidak hanya menu terakhir, namun suasana kapal saat itu pun kembali dibawa pada malam itu. Mereka bahkan menyiapkan keramik Cina seperti yang digunakan di Titanic.

Tidak main-main, harga untuk menu istimewa itupun dihargai USD 1.930. Disediakan wine Titanic, Heidsieck & Co Monopole Gout Americain 1907 untuk tamu pertama yang makan malam di hotel tersebut. Namun untuk mencicipinya, harus membawa serta undangan. Pengelola restoran menuturkan bahwa tamu pertama yang akan mencicipinya adalah mereka yang diundang oleh pihak hotel.

Tidak usah khawatir, jika tidak memiliki undangan. Menu makan malam spesial ala Titanic ini dapat dicicipi hingga akhir Mei dengan harga USD490 per orang untuk satu kelompok. Satu kelompok terdiri dari delapan orang atau lebih.

Titanic memang memesona banyak orang. Bahkan setelah karam hingga saat ini pun, kisah Titanic memang tiada habisnya. Beberapa perlengkapan Titanic sempat dilelang. Satu tiket asli Titanic dapat terjual lebih dari USD70.000 di New York. Sementara laporan tulisan tangan 2 halaman milik Kapten Carpathia, penyelamat Titanic, Arthur Henry Rostron juga terjual dengan nilai USD120.000.

Titanic 3D
Film Titanic kembali di remake dengan versi 3D. Tentu saja film ini akan menghadirkan nostalgia yang lebih menakjubkan dibandingkan pemutaran perdananya di tahun 1997. Film berdurasi 3 jam 14 menit ini kembali menjamah bioskop seluruh dunia sebagai bentuk peringatan 100 Titanic.

James Cameron yang juga sukses dengan animasi 3D Avatar membuat versi 3D ini dengan beberapa perubahan. Di antaranya adalah dengan menggani posisi bintang yang tampak dilangit ketika Titanic tenggelam. Selain itu film ini tentu saja ditampilkan dengan kualitas yang lebih menjajikan. Kualitas gambar dan suara yang lebih baik tentunya akan membuat film Titanic lebih menakjubkan.

Titanic seperti hidup kembali. Penonton diajak ikut menelusuri pencarian Titanic di Atlanik Utara, tempat kapal itu bersemayam. Bahkan, saat kapal Titanic terbelah menjadi dua, dan ketika posisi Jack dan Rose berada di buritan kapal, penonton seakan ikut terjun hingga masuk ke lautan dingin.

 History Channel pun turut memperingati 100 tahun tenggelamnya Titanic dengan menayangkan ekspedisi para ilmuwan ke puing kapal. Ekspedisi tersebut untuk mencari tahu secara pasti penyebab kecelakaan tersebut. Program eksklusif itu akan tayang perdana pada hari Minggu 15 April 2012 pukul 19.00 WIB dengan tema Titanic: Mystery Solved.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s