Jakarta… Jakarta [Episode 4 : Pulang]

12 Februari 2012

Tes
Dengan keadaan handphone yang sebentar lagi is dead, gue jadi tidur ga beraturan. Beberapa kali gue ganti posisi tidur biar gue bisa liat jam pas bangun nanti. Gua udah ga bisa ngarep lagi sama alarm yang bisa bangunin gue subuh hari. Gue hanya bisa ngandelin adzan subuh, dan semoga saja gue telinga gue masih terjaga sementara mata gue merem barang sebentar.

Hitungan menit saja, gue udah melek lagi liatin jam dinding. Mana ga ada nomernya lagi nih jam. Cuma ada tiga jarum yang lari-larian. Gue bahkan hampir ketipu ngirain udah jam 5.30, padahal baru 3.30. Untung aja gue ga langsung lari ke WC trus mandi secukupnya. Eh pas lagi bener-bener tidur, malah ga kerasa kalo udah jam 4. Terpaksa deh gue ninggalin tempat tidur, wudhu, sholat trus mandi. Awalnya sih seger-seger aja, tapi lama-lama jadi gemeteran juga nih badan.

Langsung aja gue siap-siap ke UNJ. Padahal masih jam 4 lewat, dasar gue kerajinan tangan. Sampe-sampe pas om gue liat, dia kaget sepersekian mati.

“Lho… sudah siapmi pale?! Cepat sekali,” tanyanya kaget ngeliat gue udah rapi sepagi itu.

“hehehe….” gue nyengir ga jelas.

Untung aja om gue udah bikinin teh anget. Alhamdulillah yaa… akhirnya ada bikin anget-anget pagi ini😀. Sruput-sruput bikin anget badan, langsung tancep deh ke UNJ.

Langit masih gelap, motor pun dibikin merayap biasa aja. Ga ada macet kok jam segini. Kata Om gue, dari pada gue masuk angin nanti mending sarapan dulu. Mampirlah kita di bubur ayam, lumayanlah buat ganjel perut. Nah… masalahnya nih, tdai tuh gue belom sempat b**er, ntar gimana kalo pas tes malah mau keluar…! Ya udahlah pasrah aja deh sama panggilan alam yang satu ini.

Sudah.. sudah.. sudah… masa mau makan bayangin itu sih. Ga etis banget! Ya udah, pelan-pelan aja tuh gue makannya. Buset! Ini bubur ayam apa bubur garem?! Asin bener.. tapi lama-lama habis juga nih bubur 2 per 3 mangkok. Hahaha kalo udah dasarnya laper, makanan rasa apapun ga peduli, yang penting kenyang.

Perjalanan berlanjut. Itungan menit gue udah sampe di UNJ. Om gue ninggalin gue, “Nanti kalo udah selese telpon aja yaa”. Gue iya-in aja sambil masuk di UNJ. Udah banyak yang datang, dress code-nya sama, kemeja ato blus putih. Dari kejauhan gue liat ada beberapa yang bergerombol menuju ke tempat tes, gue kuntit aja… ehh banyak juga yang ikut-ikutan nguntit gue. Entar kalo jalannya sesat jangan pada protes yaah!

Nyampe di fakultas ekonomi, gue masih bingung nyari ruang tesnya. Trik pertama : gue cari aja aja tempat yang banyak orang bergerombol. Trik kedua : sok ikut ke gerombolan mereka aja. Nanti baru diajak kenalan, kalo merekanya mau. Hahahaha

Oke, ketemu…! Akhirnya gue bisa lega dikit, duduk sambil ngliatin orang satu-satu. Waduh-waduh… banyak yang cakep nih rupa-rupanya hehehe… Jadi inget omongannya Raditya Dika, cewek kalo ketemu baru di jalan aja udah berisik. Nah ini bener banget! Tuh cewek ngomong nyrocos sana sini padahal yang diajak ngomong cuma bertiga tapi berisiknya kayak satu kompleks.

“Masnya dari mana?”

“Oooh… dari Jogja. Masnya?”

“Saya dari Tangerang. Kuliah di mana?”

Dengan mantap gue jawab, “SEKOLAH TINGGI EKONOMI ISLAM YOGYAKARTA”. Nah lo… takut, takut deh lo.

“Wah.. gimana nih persiapannya? Belajar semaleman nih? Saya belajarnya yang kurva-kurva itu sama lebih banyak ke perhitungannya,”

“Oooh gitu, dapet info katanya sih lebih banyak ke makroekonominya. Aku juga ga begitu tau model soalnya gimana, cuma dapet infonya masalah makro ma mikro trus masalah perbankan dan undang-undangnya juga,”

“Eh.. siapa namanya?”

“Sofyan”

“Dika”

“Oooh… Masnya lulusan kapan?”

“Baru aja kemaren. November 2011”

“Wah.. berarti bener-bener fresh yaa”

“hehehe… eh udah masuk tuh. Masnya di ruang mana. Aku 101”.

“Oooh dilantai satu yaa. saya di lantai dua”.

Kami membaur berebut pintu masuk. Untung aja ruangan gue deket pintu masuk jadi ga usah nyerobot-nyerobot  sampe atas. Masuk ruangan, gue mantapkan hati milih kursi yang paling depan. Tes pertama adalah tes psikologi. Mulai dari logika, persamaan/perbedaan kata, numerik, sampe tes koran.

Tes selanjutnya ini yang bikin garuk-garuk kepala, setidaknya itu yang aku liat di kanan dan kiriku. Ada 30 soal untuk pengetahuan umum dan 30 pengetahuan khusus (lupa-lupa ingat kalo ga 30, 20). Aku jawab saja semuanya, walopun beberapa ada yang ragu-ragu. Yang jelas gue udah ngerjain maksimal, gue udah ikhtiar. Semuanya gue serahkan sama Allah sambil komat kamit dalam hati minta dilulusin..😀

Bus
Hampir 4 jam gue di ruangan dengan soal tes yang sambung menyambung. Tidak banyak yang bisa gue ingat sampe sekarang. Males aja bawaannya kalo pulang trus nyocokin jawaban, malah stress jadinya. So, going with the flow, just take it easy. I worked maximum for the test, just wait for the result, qualified or not!

“Halo.. Om sudah selesai mi tesku,”

“Dijemputkah?”

“Iya”

“Naik busmi saja… Belajar!”

JLEB!! “Oooh… nanti naik bus yang nomer brapa pale?”

“Nomer 47, turun di perempatan galur”

Tuuuut tuuuut tuuut… Gue agak takut juga naik bus. Ini pertama kalinya, apalagi gue sama sekali ga ngerti. Yaaah bismillah aja deh. Gue bingung nunggu bus di mana. pas gue liat ada bus yang ada tulisan Pasar Senen, gue teriakin aja.

“Bang, perapatan galur!”

“Iya, galur.. galur.. galur”

Gue duduk mojok deket pintu, biar mudah turunnya nanti kalo busnya penuh. Ga lama ngrayap, busnya berhenti lagi. Ada bapak paruh baya yang pake songkok tobone.

“Bapak dari mana?’

“Abis dari kondangan”

“Bapak dari Sulawesi kah?

“Iya…”

“Ooh… saya dari Sulawesi juga, Pak. Di Wajo saya, Pak”

“Kalo saya dari Mamuju. Di sini kuliah?”

“Nda, Pak. Saya baru habis tes BI di UNJ. Saya kuliahnya di Jogja, Pak. November kemarin baru selesai”

Kami terus berbincang-bincang. Si Bapak banyak cerita tentang kedatangannya di Jakarta, kampung yang orang Sulawesinya banyak, tentang anaknya. Hmmm rasanya tenang kalo ketemu saudara sekampung di rantau. Eh.. kenapa ga gue tanya “Bapak masih punya anak gadis yang jomblo?” wkwkwkwkw.

Pulang
Sekitar setengah jam gue ngebis. Sampe di perempatan galur, gue nunggu dijemput sama om gue. Sampe di rumah, gue langsung disuruh makan sama om dan tante gue. Lama di sini bisa makin betah gue. Bener-bener berasa rumah sendiri. Gue bahkan lupa nama makanan yang gue makan yang ternyata adalah mi ti’ti’ saking lamanya gue ga makan makanan kayak gini. Hahahah… sikat abis dah!!

Lagi-lagi Bapak gue nelpon. Entah ini sudah keberapa kalinya semenjak gue berangkat ke Jakarta sampai detik ini. Gue jadi berasa anak manja yang baru keluar rumah, dicariin sana sini. Tiap bapak gue nelpon selalu aja ngirain gue kenapa-kenapa. Padahal gue baik-baik aja, dikiranya gue ilang di Jakarta. Apa mungkin karena gue sempat ilang pas gue masih kecil? Waktu itu di Tanru’ Tedong gue ilang gara-gara ikut di mobil angkutan orang. Hahahaha

“Nomer hapenya Sofyan berapa? Ini katanya tadi sudah selesai tes tapi belum adapi pulang!” om gue becanda.

….

“Hahahaha… nda ji. Ini adami pulang! Jadi orang tua jangan terlalu phobia sama anaknya. Sofyan sudah besarmi, nda bakal hilangi di Jakarta. Ini naik bus ji pulang, ku kasitau saja bilang naik bus jalur sekian, turun di perempatan galur. Nda lama sudah itu, adami smsnya lagi mau dijemput di perempatan galur. Hahaha”

….

Gue sambil makan ikut ketawa juga akhirnya. Sebenarnya malu juga sih, masa anak segede gue kayak anak manja ditanyain keadaannya tiap waktu. Hehehe

“Kapan mau pulang?”

“Kalo ada hari ini, ya hari ini om”

“Makanmi pale cepat, ini kita langsung pi liat kereta!”

Gue makan jadi ga nikmatin tiap kunyahan karena buru-buru jadinya. Gue jadi super cepat ngemasin barang gue. semuanya langsung gue masukin di tas secara paksa muat ga muat. meluncurlah kami ke Stasiun Pasar Senen. Tapi pas nyampe kereta yang  jam 12 baru aja baru aja berangkat. Loket buat yang ntar malem juga masih tutup. Lagi istirahat kayaknya. Ya udah, kami kembali pulang, sembari gue tidur siang dulu.

Kereta
Jam 4 sore, gue ke stasiun lagi bareng om gue. Ternyata tiket ekonominya udah abis. DAMN!! Ini gara-gara calo kampret. Diliatnya gue nyari tiket ekonomi ke Jogja. Ada calo yang deketin gue.

“Progo, jogja?”

“Iya. Berapa, Mas?”

“90 ribu”

WHAAAT!!! Ga salah denger gue!! Tiket yang harga awalnya cuma 35 ribu jadi 90 ribu. Ini sih ngerampok namanya!! Om gue langsung turun tangan. Dia debat sama si calo, ga terima tiketnya semahal itu. Akhirnya menjelang maghrib, si calo nyerah, om gue sama-sama nyerah. Akhirnya dapet tiketnya 75 ribu. Katanya sih untungnya nanti di bagi tiga sama bos calonya. Makanya harganya mahal segitu.

Karena ini tiket boncengan alias satu tiket 2 orang, dicarinya lagi satu orang yang mau ke Jogja malam itu. Akhirnya nemu seorang bapak yang mau ke kebumen and deal! Beres sudah urusan tiket-tiketan hari itu. Om gue balik ngambilin tas gue. Sembari nunggu, gue ngobrol aja sama tuh bapak. Lama ngobrol ketahuan juga ternyata bapak itu dari Sulawesi juga.

“Saya besar di Pare-pare”

gue ngangguk-ngangguk ngerti. “Saya dari Sengkang, Pak”

“Macca mofi mabbasa ogi”

“Iye wulle mofa. Heheheh”

Jam 8.30 malam, kereta progo akhirnya dateng juga. Yyyaaaaii… akhirnya gue pulang ke Jogja. Bisa hidup tenang lagi, ga kayak di Jakarta. Bener-bener sumpek. 5 menit duduk di kereta, gue ngarsa perlu manggil pemadam kebakaran. Asap rokok bikin kabut gerbong ini. Besok-besok kalo naik kereta ekonomi lagi gue mesti bawa masker, ato sekalian tabung oksigen.. ahaha.

Belum cukup sampe di situ, kali ini gue jadi hampir merinding karena kaget. Masa yang jualan popmi kopi kayak Suzanna.

“Maaaas…. pooop mi-nya, Maaaaas. Maaas…. kooopinya, Maaas”

Untung aja dia ga jualan sate, bisa jadi mirip beneran sama Suzanna. Ada lagi… Pas keretanya berhenti, entah di daerah mana. semuanya gelap.  Ga ada lampu sama sekali di luar. Samar-samar gue denger ada yang manggil-manggil, “Ooooom…. Oooooom”. Gue celingukan ga liat apa-apa sampe akhirnya ada yang ngetok-ngetok jendela gerbong kereta. Sumpah gue kaget hampir loncat!! Kirain apaan, ternyata diluar ada yang minta-minta. Oiya… gue agak-agak ga up date nih. Gue baru tau kalo lagunya Ayu Ting-Ting ada yang dibikin versi werkewer kewer. Hahahaha…. sumpah ngakak gue jadinya gara-gara tu bencong nyanyi alamat palsu pake kewer-kewer.

Paginya…. Gue udah bisa ngirup udara Jogja. Bokong gue jadi tepos, udah pengen cepet-cepet cabut dari nih gerbong!

One thought on “Jakarta… Jakarta [Episode 4 : Pulang]

Leave a Reply

