Jakarta… Jakarta [Episode 3 : Peralihan]

11 Februari 2012

Putih Abu-Abu
Gue udah siap sedari tadi. Beberapa kali gue gantian liatin TV yang lagi kesemutan dan jam tangan gue. Yeah… Girls always make you waiting for her. Entah ritual mandi kembang dulu sebelum keluar dari kamar… hahaha. Cemas nungguin, akhirnya gue nyerah dan sms dia.

-Hei… jadi brangkat jam brapa?

-Im on my way..

Baguslah… artinya bentar lagi dia nyampe di kosan. Selang beberapa menit gue nunggu, akhirnya dateng juga tuh anak.

“Lama yaa… Hehehe. Oyo mana??”

“Sudah brangkat tadi, kayaknya jam setengah 8”

Tanpa pikir panjang lagi, kami langsung cabut, meningglkan kos menuju Tanah Abang. Seperti janji gue sebelumnya, gue bakal nemenin dia ke Tanah Abang. Katanya sih buat beli baju buat ibunya. Tunggu! Ada satu yang kelupaan!

Gue baru nyadar kalo warna pakaian yang kami berdua pake senada. Bukan nada C, G ato F. Tapi warnanya yang senada. Putih abu-abu, tapi bukan baju SMA. Gue yang lagi pake baju garis-garis pitih abu-abu, trus dia pake baju putih sama jilbab abu-abu. Is it accident or destiny? Hadooh jadi Ge-eR sendiri jadinya. Jangan pada heran, kalo sama dia bawaannya gue GeeR mulu!

Finally, ke-Ge-eR-an ini akhirnya berhasil dengan tepat sasaran bikin gue grogi minta ampun. Jadi pas keluar dari kosan, keluar pagar gitu gue mo kunci pagarnya lagi. Eh, gue malah ga bisa, bisa. Kunci pagarnya malah macet tiba-tiba. Ga tau kenapa, pas gue tarik-tarik gagang kuncinya malah nyangkut gitu.

“Opyaaaank… Ga usah gragi gitu dong!”

Gubraaaak! Ketahuan deh gue grogi. DAMN!!

Gadis Berkerudung Biru
Gue berjalan mengikuti langkah Ayu yang ternyata cukup cepat untuk ukuran seorang cewek. Dari kosan, kami menuju pangkalan ojek terdekat untuk menuju stasiun UI. Ayu neriakin ojek, sampe gue ngeliat ke arahnya. Hahaha… bener-bener! Udah jalannya cepet, teriaknya kayak manggil abang bakso lagi. Sebelum naik ojek, Ayu udah wanti-wanti duluan kalo nanti bayanya cuma 5000 aja.

Ojek melaju kencang sampe ojek yang gue tumpangin hampir nabrak. Dasar si abang! Gue belum bosan hidup oyy!! Tiba-tiba ojeknya rem mendadak gara-garanya jalan di depan pas tikungan lagi banjir.

“Ini karena ujan kemarin nih!” info si Abang

“Lho, bang? Bukannya ujannya cuman pas kemarin sore aja tuh??” gue berkelit

“Ga.. ini sebenarnya air dari pasar. Larinya ke sini nih. Makanya banjir,” timpal si Abang

Gue manut-manut aja, masih baru gue masalah beginian. Yang ujan di mana… yang banjir di mana… au’ ah, gelap! Sekitar 5 menit, hembusan angin kencang karena kebutan Si Abang ojek bikin rambut gue terbang-terbang kayak iklan shampo. Hahaha.. tapi lama-lama kayak gini bikin keyang juga gara-gara makan angin. Tiba di stasiun, kami langsung ngikutin lagu project pop. Antrillah di loket/ untuk belli tiket/ untung ga ada cooopet…😀

Gue duduk ma Ayu nungguin kereta. Gue nyodorin roti yang gue beli ke dia, tapi masih kenyang katanya. Dalam hati gue, tumben kenyang nih anak… Hahaha piss. sebelum gue buka bungkusan rotinya, dia malah ngelarang.

“Eh, makannya di kereta saja. Nanti pengemis-pengemis anak kecil malah minta,” larangnya.

“Ya udah.. di kasi sepotong!”

“Eh… nanti teman-temannya yang lain datang minta juga!” akhirnya gue ngalah. Roti gue masukin lagi ke tas, gue kembali nelan ludah dengan jakun naik turun tanpa tangga.

Kereta datang. Ayu segera ke gerbong khusus wanita. Cari aman, gue masuk di samping gerbong khusus wanita. Biar bisa liat Ayu kalo mo turun tapi tetep aja gue was-was. Gue sms deh

-Kalo mo turun bilang. Awas kalo tidur!

Ga ada balasan. Parah nih anak, masa nyampe kereta langsung tidur.. ahahhaa. Gue ngelirak lirik kursi kosong. Di gerbong itu semuanya udah ada yang dudukin. Cari aman lagi, gue akhirnya bergelantungan di deket pintu. Berapa kali gue ngincer tempat duduk yang ditinggal turun penumpang, tapi keduluan mulu.

Gue perhatiin tiap nama stasiun. Yang aku inget dan tertera di tiket sih Jakarta Kota. Gue jadi celingukan sana sini, bener-bener ketahuan katroknya. Eh tiba-tiba aja, mata gue berhenti pas ada cewek berkerudung biru yang natap ke arah gue. Gue pasang tuh gaya sok cuek, padahal lirik-lirik dikit juga. Beberapa kali gue nangkep basah tu cewek natap ke arah gue. sambil pasang gaya cuek, gue akhirnya nanya ke pegawai kereta stasiun Jakarta Kota di mana. Ini biar gue bisa pasang muka sedikit meyakinkan.

Emang rejeki ga kemana, setelah sekian lama gue berdiri bergelantungan akhirnya gue nemu kursi kosong. Untungnya lagi, kursi kosongnya di samping cewek kerudung biru tadi. Kalo dari mukanya sih kayaknya ada keturunan Arab-Arab gitu. Gue masih pasang gaya cuek walopun beberapa kali nengok ke arahnya dengan motif merhatiin nama stasiun pas keretanya singgah.

“Mas, ini Manggarai yah?”. Waaaah kena angin apa gue. Angin pas ngojek tadi apa yaaa?? Si cewek nanya ke gue! Hahaha.. sambil celingukan gue sok-sok merhatiin keadaan sekitar, adahal lagi nyari nama stasiunnya apaan.

“Kayaknya belum sih, Mba,” jawab gue yakin.

“Udah, Mba!” si cowok samping gue tiba-tiba nyeletuk pedes. Tiba-tiba aja gue ngerasa abis dilemparin tomat sampe muka gue merah semua karena malu. Gue akhirnya duduk diem meninggalkan semua gaya cuek dan sok tau gue.

Ga lama… bangku deretan gue udah tinggal gue ma si cewek aja. Diem-diem gue perhatiin tuh cewek yang lagi ketawa. Dia lagi ngetawain tingkah polah lucu si anak karena rewel pengen turun kereta. Gue ikut-ikuta senyum dan ketawa kecil meratiin tuh anak kecil. Dasar bocah!

Si cewek kayaknya ga tahan deketan sama gue same akhirnya dia nanya lagi. “Mas, Jakarta kota masih jauh ga?”. Nah kalo yang ini gue bisa jawab dengan mantap nih. “Katanya sih stasiun paling akhir, Mba!”. Gue serasa puas banget jawabnya. Hahahaha…

Ngeliat gue ma si cewek rada bingung, pegawai kereta nanya.

“Mau kemana?”

“Jakarta Kota, Bang,” Si Kerudung Biru nyahut duluan.

“Ke Tanah Abang, Bang,” gue ikutan jawab.

“Ke Tanah Abang?” pegawai keretanya rada bingung.

“Iya… Kenapa, Bang?” gue nanya balik ikutan heran.

“Udah lewat tadi…” jawabnya setengah ketawa setenga senyum.

Dalam hati pengen gue teriak WHAAAAAAT!!!!

“Emang mau turun di mana?” nanya lagi dia.

“Ohh… tadi janjiannya ma temen ke Tanah Abang, tapi ini turunnya di Jakarta Kota”

“Ohh.. satu stasiun lagi kalo Jakarta Kota”. Gue langsung lega pegawainya ngomong gitu.

Diem-diem gue masih curi-curi pandang ngeliatin nih cewek. Beberapa kali dia keluarin handphonenya, hmmm apa gue minta nomor teleponnya apa yaa. Hahahaha… di kasih duit berapa pun gue bakal ga bisa. Paling juga gue gemeteran kedinginan sebelum minta nomernya.

Eh… kayaknya ada yang salah deh! Gue peratiin nih cewek dari awal pas liatin gue sampe sekarang tetep aja ngeliat ke arah tempat gue berdiri tadi. Akhirnya, nagmbil sudut pandang si cewek, gue natap ke arah yang di liat si cewek. Di atas pintu kereta ada rute perjalanan kereta.

DAMN! Ternyata yang diliatin dari tadi tuh BUKAN GUE tapi rute perjalanan kereta yang di atas pintu kereta. Pantesan natap ke arah gue mulu, secara gue bergelantungan di depan pintu kereta. Bisa di bayangkan, saat itu gue ngerasa jadi BERMUKA RUTE KERETA !!

Hanya Sebentar
Akhirnya sampe juga di stasiun Jakarta Kota. Ayu keluar dengan muka super ngantuknya, pasti tidur dikerata lagi dia. Kami keluar stasiun mencari angkot ke Tanah Abang. Menyeberang jalan yang penuh kendaraan bermacam-macam roda. Roda dua, roda tiga, roda empat dan lain-lain. Beberapa kali nyeberang jalan besar akhirnya ketemu angkot juga. Sensasi panas dan jepit-jepitan ala angkot langsung membaur. Huaaaaah.. untung ga lama, satu per satu penumpang turun sampe akhirnya cuma gue ma Ayu. Saat itu, gue ngerasa dunia ini cuma selebar angkot. Cuma ada satu orang selain kami, itupun cuma nyupir! Hahahaha…

Gue ngeluarin roti yang tadi gue beli sebelum berangkat. Gue sodorin lagi ke Ayu, akhirnya berubah pikiran juga. Hahaha, laper abis tidur di kereta kali! Hehehe…

“Mau lagi? Ini masih ada,” gue pengen ngasih camilan lagi.

“Nda… moka yang besar sebesar ini. Kalo ini nda kenyang!” katanya sambil bikin persegi besar di udara. Hahaha… rasanya pengen gue loncat dari angkot trus cariin seperti yang dia mau. Untung aja ga jadi, kalo jadi bisa mati konyol gue loncat dari angkot. Hahaha…

Ayu menjawab telepon dari ibunya, saking asiknya sampe akhirnya kami berdua tersesat nglewatin Tanah Abang. Ayu jadi bingung mau turun di mana, apalagi gue lebih ga tau lagi. Akhirnya kami turun di daerah pasar yang ga tau namanya apa. Katanya, Ayu juga belum pernah nyampe di sini. Lhaaa! Trus knapa turun di sini!!! Wadduh!!!

Kami jalan beberapa meter, berdesakan dengan orang-orang, barang dagangan dan angkot-angkot. Semuanya berebut jalan… bener-bener ribet gue liatnya. Sampe akhirnya gue ma Ayu berhasil nemuin lokasi yang bener di Tanah Abang. Fiuuuuhf… Ternyata bener kata Oyo, Ayu kalo sudah sampai di Tanah Abang bener-bener makin cepet jalannya. Nyelip sana sini, untung aja masih keliatan.

“Eh.. ada belanja bersama 7 Icons. Ayo.. ayo.. ayoo…!” Ayu bersemangat.

“Hahahaa… ayo, ayo…!” gue ikutan jalan makin cepet ngikutin dia.

Kami keliling muter-muter nyari tempat Ayu buat beli baju buat ibunya Ayu. Sambil muter, ternyata bukan cuma 7 Icons aja yang ada di sini. Mulai dari Ayu Ting Ting, Syahrini, NIcki Astria, sampe bintang-bintang sinetron RCTI Dina Lorenza, Yuni Shara, Wildblood apalah namanya, lupa gue. Semuanya ada dalam bentuk model pakaian. Ckckckc bener-bener korban mode dan korban TV. Mungkin karena Ayu ngeliat gue pusing sama semua model-model artis itu, Ayu nawarin ke gue buat nunggu di food court. Tapi gue seneng aja bareng dia apalagi lama ga ketemu, ya udah mutusin tetep ikut.

Akhirnya ketemu juga stand-nya. Ayu udah sibuk nawar-nawar sambil fotoin bajunya, aku sibuk peregangan. Selain pusing banyak orang, gue juga kecapean karena tas yang gue bawa di punggung. Ayu sibuk ngirim foto ke ibunya, tapi ga bisa-bisa. Kami ke pintu keluar, kali aja sinyalnya lagi males masuk karena rame.

“Begini saja… Pergimo di tempatnya om mu. Apalagi kau kan kesini buat tes. Belumpi juga muliat tempatnya. Nda papa ji, sampe di sinimi saja mu temanika. Ayo ku temani cari alamatnya sama satpam,” tawarnya.

Gue nurut aja, ngeliat situasi sekarang belum tau rumah omku di mana dan tempat tesku di mana.  Gue nanya ke satpam jawabannya nihil cuma ditunjukkin pintu keluar yang langsung ke jalan raya trus malah disuruh naik taksi. Bisa tekor gue, ga pulang ke Jogja.

“Sudah… sudah kutaumi. Disuruhnya kita ke pintu keluar yang di depan, yang langsung ke jalan besar,” gue setengah bohong buat ngeyakinin Ayu.

Tanpa pikir panjang, kami nerobos kerumunan manusia. Kayaknya nih tempat perlu ganti nama jadi TANAH ENENG! Secara yang di dalemnya ibu-ibu yang banyak. Yang abang-abang cuma kebagian ngangkat-ngangkat. Hahahaha…

Di pintu keluar kami berpisah.

“Iya… ku taumi tempatnya. Nanti ku tanya lagi itu satpam,” sambil gue nunjuk satpam di sebelah kanan gue.

“Haaaah opyaaaaank, sebentar sekali ji,” katanya sambil dadah-dadahan ala drama Korea yang super unyu-unyu.

“Iya… nda papa ji. Lain kalipi lagi ke sini ka. Makasih naaa,” gue pergi nemuin satpam, ninggalin Ayu tanpa balik lagi kayak adegan sinetron-sinetron.

Welcome Home
Informasi yang gue dapet dari satpan kedua masih mengawang-awang. Gue akhirnya mutusin jalan kaki keluar sambil liat situasi dan cari informasi yang lebih jelas. Akhirnya gue nemuin tukang ojek. Awalnya sih cuma mo nanya, ya udahlah sekalian aja naik ojek lagi. Gue sebutin aja alamat om gue selengkap-lengkapnya. Si Abang yang udah paruh baya nyanggupin dengan ongkos 30 ribu. Awalnya gue mikir juga, soalnya kantong gue juga hampir jebol. Duitnya pas-pasan. Ya udah, mau gimana lagi, daripada gue ilang di Jakarta, dengan penuh kerelaan gue nyanggupin.

Emang ternyata jauh banget dari Tanah Abang ke Kemayoran. Untungnya nih, Si Abang bertanggung jawab sampe gue nemuin alamat yang bener-bener cocok. Hampir setengah jam, tanpa macet gue nyampe di alamat om gue. Di rumah, om gue lagi keluar ternyata. Gue telepon, katanya di dalem ada Ojah. Gue panggilin tapi kaga’ nongol-nongol. Akhirnya tetangga yang kasian liat gue teriak-teriak salam masuk rumah manggilin Si Ojah. Si Ojah akhirnya turun dengan dua anak kecil yang lucunya unyu-unyu.

“Saya Sofyan, Mba. Ini.. emm mo nginap di sini. Tadi sudah telepon sama bapak, katanya disuruh masuk aja. Ojah kan?”

“Iya… ya udah kalo udah ijin sama bapak. Masuk aja, Mas…”

“Bapak Tino ya…” anak kecil yang pertama nyeletuk nanya. Sementara yang satunya cuma digendong, malu-malu plus ketakutan liat gue.

“Iya..” kata gue sambil nyubitin gemes pipi cantiknya.

Gue masuk langsung nyari WC, udah jadi kebiasaan gue kayak gitu. Anak perempuan yang namanya Sasha ini rupa-rupanya cepet banget akrab ma gue. Langsung nempel aja dia pengen dipangkuin sambil maen sama temennya. Papanya Sasha akhirnya datang, gue langsung berasa pulang kampung. Bisa bahasa bugis lagi. hehehe

Annyeong Haseo Monas, Istiqlal
Gue istirahat setelah dijamu makan siang sama om dan tante gue. Dapet gratisan, duit gue yang pas-pas-an aman lagi.  Santai-santai gue nonton TV sama Sasha, om gue ngajak keluar. Langsung gue ayo-in aja tanpa pikir panjang. Awalnya sih kami cuma ke Glodok, om gue lagi nyari CCTV buat kantor trus beli parfum.

“Masuk waktu sholat yaa. Ayo kita sholat di…”

“Di rumah mi saja,” gue motong omongan Om gue.

“Di Istiqlal”

Perjalanan berlangsung panas dan bener-bener macet. Bahkan lewat jalan kecil sekalipun masih juga macet. Ini yang bikin gue pengen cepet-cepet pulang ke Jogja rasanya. Hampir sejam perjalanan, gue hampir nyampe di Istiqlal. Gue udah bisa liat Monas dari kejauhan. Biasa aja sih, ga yang excited banget waaaaaaaw gitu.

Nyampe di Istiqlal, kami sholat ashar berjama’ah. Kali ini gue yang excited banget! Ga nyangka gue kalo Istiqlal segede ini. Nah, mulai lagi keliatan katroknya gue. Sebelum makin parah, gue langsung cabut setelah duduk istirahat abis sholat. Di luar, gue ma om gue sempat papasan sama orang asia. Putih banget…

“Orang Korea itu…” om gue nyahut yakin.

Jalan ke parkiran, ternyata bener. Ada rombongan orang Korea yang lagi wisata ke Istiqlal. Jadi bingung gue, ngapain wisata ke sini yaaa?? Kebingungan gue terjawab. Sebelum pulang, kami nongkrong di sekitar masjid sambil ngeteh. Om gue ngobrol sama penjual tehnya. pas ngobrol ternyata bener ada rombongan Korea yang lagi wisata.

Om gue jelasin kalo di Korea ga ada agama. Baru sekarang baru mulai ada kecenderungan ketertarikan terhadap agama. Mereka udah mulai ngerti kalo agama itu bisa bikin jiwa tenang. Makanya ada wisata religi kayak gini. Lama-lama mereka diskusi tentang Korea, agama dan Indonesia. Gue yang cuma denger aja terpaku sama cewek-cewek dan cowok-cowok Korea yang asli bener-bener bening. Mereka putih kayak porselen. Apalagi cewek-ceweknya bener-bener cantik kayak yang drama serial di Indosiar itu tuh. Kira-kira gumiho ada ga yaa. hahahaha

Pengen rasanya gue samperin tuh bocah-bocah Korea. Sekadar nyapa Annyeong Haseo... Tapi ga berani juga. Secara bahasa Korea yang gue ngerti cuman itu aja. Ya udahlah… gu nikmatin pemandangan indah ini aja sampe akhirnya mereka masuk bis dan pergi.

“Abang pemandu Korea ini yaa?”

“Bukan, saya kerja di perusahaan Korea. Makanya tau sedikitlah,”

WHAAAT!!! Sumpah gue kaget seperempat mati. Untung masih ada tiga per empat nyawa lagi. Pantesan tadi, di rumah gue nemu buku korea tapi ga ada bahasa indoesianya.

Skak Mat
Sasha bener-bener langsung nempel sama gue. Om gue udah promosiin gue biar Sasha bisa belajar matematika sama gue. Usut punya usut, ternyata di umur sasha yang hampir 7 tahun ini dia udah lancar baca dan bahasa inggris. Waaaaaaaw!

Gue udah liat sendiri buktinya. Di umurnya yang masih 6 tahun lebih, dia udah bisa nulis bahasa inggris dengan didikte pake bahasa indonesia. Dengan cekatan Sasha nulis bahasa inggris tanpa cela. Padahal yang didiktein bahasa indonesianya. Gue aja seumuran itu belom tau bahasa inggris.

Setelah gue ngobrol sama om dan tante gue, Sasha ini udah bisa baca di umur 3 tahun. Bisa bahasa inggri di umur 4 tahun dan bisa nulis umur 5 tahun. Sampe-sampe pas masuk TK, gurunya sampe bingung nih anak makan apa sampe bisa pinter kayak gini.  Bahkan Sasha udah sempat di kasi tes IQ dengan skor 135. Subhanallah banget!

Gue bahkan ga tau pas ditanya sama si anak ini. “Bahasa inggrisnya belalang daun apa, Om? Bahasa Inggrisnya singa laut apa, Om? Bahasa Inggrisnya kardus apa, Om?”. Dan gue cuma jawab, “Aaaapaaa yaaaaaa???” sambil nyari jawaban di langit-langit karena ga tau.

Sampe akhirnya, pas malem gue main nih sama Sasha. Maen Hidden Chronicle, semua benda udah dia tau bahasa inggrisnya apaan… Ckckckck betul-betul hebat nih bocah.

“Om.. Om…” katanya sambil maen.

“Iya.. kenapa?”

“Emangnya Allah itu ga ada yang nglahirin yah?” tanyanya polos ke arah gue.

MAMPUS! Gue bingung jawabnya kayak gimana biar dia ngerti.

“Sasha… Allah itu ga punya ayah, ga punya ibu. Allah itu cuma sendiri,” gue berusaha jelasin.

“Kasian yah Allah..”

Gue diem.

Bukan cuma gue, ibunya pun sempat bingung pas ditanya, “Maa… pemerkosaan itu aaapa sih? Maaa fatamorgana itu aaaapa sih?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s