Sherlock Holmes Game of Shadow : The End?

SHERLOCK HOLMES : GAME OF SHADOW
Genre : Action
Pemain : Robert Downey Jr, Jude Law, Noomi Rapace, Jared Harris, Stephen Fry
Produser : Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, Dan Lin
Produksi : Warner Bros. Pictures
Sutradara : Guy Ritchie
Rilis: 16 Desember 2011 (AS)

Sherlock Holmes kembali lagi. Kali ini dia akan pertemuannya dengan prof. Moriarty menjadi lebih nyata dibanding film sebelumnya yang hanya memperlihatkan sosok dalam kegelapan. Bersama Dr. Watson, dia kembali memecahkan misteri, sebuah misi yang dibuat oleh Prof. Moriarty untuk menghancurkan dunia dengan menyulut peperangan. Moriarty bahkan membunuh kekasih terpendam Holmes, Irene Adler. Irene tak berhasil menyelesaikan misinya untuk menghancurkan gedung pelelangan dengan bom dalam paket yang dibawanya.

Klimaks mulai terjadi ketika Holmes harus kehilangan partner setianya, Dr. Watson karena harus menikah dan berbulan madu. Namun itu tidak berhasil memisahkan mereka, bahkan justru kembali mempersatukan mereka. Ini adalah usaha Moriarty yang ingin membunuh Dr. Watson dan istrinya dalam perjalanan bulan madunya. Holmes menemukan partner baru seorang wanita gypsi bernama Sim. Ketiganya kemudian berusaha memecahkan teka-teki Moriarty untuk mengusut siapa korban selanjutnya yang akan dia bunuh.

Film berdurasi 126 menit ini berbeda dengan film sebelumnya. Film ini terlihat lebih kompleks karena keterlibatan beberapa tokoh pendukung. Duet pasangan Robert Downey dan Jude Law  sudah terlihat benar-benar pas di film pertamanya. Pasangan ini tetap mendominasi walaupun banyak pemeran pendukung. Ceritanya terlihat sederhana namun padat oleh alur berpikir nalar ala Holmes dan Dr. Watson. Untuk trik-trik yang digunakan oleh pelaku tidak terlalu detil seperti film sebelumnya.   Walaupun film ini bergenre action tapi humor khas Dr. Watson dan Holmes membuat tetap bisa membuat kita tertawa.

Film ini juga diperkaya dengan efek visual dibanding sebelumnya. Adegan slow motion yang ditampilkan begitu pas ketika Holmes membayangkan trik apa yang harus dilakukannya untuk melawan musuh. Scoring-nya pun sangat pas, tidak terlalu banyak disetiap adegan sehingga benar-benar mendapatkan kesan menegangkan.

Film ini ditutup dengan ending yang apik. Holmes yang diduga mati bersama Prof. Moriarty ternyata sedang menyamar dengan sangat rapi di dalam rumah Dr. Watson. Holmes melakukan penyamarannya dengan sempurna hingga Dr. Watson tidak menyadari keberadaannya. Hingga seorang pengatar paket mengantarkan barang pada Dr. Watson yang telah menolongnya untuk tetap hidup. Dr. Watson yang telah menyelesaikan menuliskan biografi mengenai Holmes meninggalkan ruangannya. Holmes pun keluar dari penyamaran barunya dan menambahkan tanda tanya pada kata The End diakhir ketikan Dr. Watson.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s