My Girlfriend Is An Agent : Mr. and Mrs. Smith Versi Korea

Movie : My Girlfriend is an Agent
Director: Shin Tae-Ra
Writer: Cheon Seong Il
Producer: Min-kyu Jang, Seong-il Cheon, Yeong-ho Lim, David Cho
Release : April 23, 2009
Durasi : 112 min
Cast : Kim Ha Neul, Kang Ji Hwan, Jang Yeong Nam,  Ryoo Seong Ryong.

Suji (Kim Ha Neul) adalah seorang agen mata-mata berkedok agen perjalanan. Ia bekerja untuk pemerintah dalam menyelesaikan misi pencegahan penggunaan senjata biologis yang dapat membunuh semua manusia. Cintanya akhirnya harus dia korbankan demi profesionalitas pekerjaan. Akhirnya dia merelakan Jae Joon (Kang Ji Hwan) pergi meninggalkannya ke luar negeri.

Tiga tahun kemudian, tanpa sengaja Suji kembali bertemu dengan Jae Joon. Saat menjalankan misinya, Suji yang berkedok pembersih toilet pria menemukan Jae Joon di toilet yang sedang dibersihkannya. Jae Joon yang baru kembali dari Kanada mengaku menjadi seorang akuntan profesional. Namun ternyata itu juga hanya kedoknya. Dia juga memaksa bergabung dengan sebuah agen mata-mata, hingga akhirnya misi mereka pun berubah saling mencari satu sama lain.

Ikatan cinta yang masih begitu kuat di antara mereka membuatnya harus merahasiakan identitas masing-masing dalam bekerja. Mereka pun silh berganti saling membohongi untuk melindungi identitas aslinya sebagai agen rahasia.

Film ini mengingatkan kita pada film Mr. and Mrs. Smith. Film ini menjadi sangat mirip karena beberapa adegan memang hampir sama dengan film yang dibintangi oleh pasangan Brad Pitt – Jolie. Misalnya pada adegan mereka bersama di mobil mengejar penjahat. Hanya saja dalam film ini, sangat kental dengan humor konyol khas Korea yang membuat kita tertawa.

Film ini sempat menjadi box office pada zamannya, yakni tahun 2009. Namun sayang, film dengan tema “agen rahasia” ini belum dilengkapi dengan peralatan canggih ala James Bond. Perlengkapan seadanya seperti peralatan monitoring, cincin laser dan kamera pengintai menjadi pendukung agen mata-mata. Film ini juga menyuguhkan adegan action, namun masih kurang greget.

Film ini tetap menarik. Kelucuan yang terjadi benar-benar jauh dari kesan humor ala Hollywood. Film yang memadukan genre Sci-Fi, Romantic, Drama dan Comedy sekaligus sangatlah menghibur. Walaupun lebih ditekankan ke Drama – Comedy, namun ini tidak mengurangi porsi adegan action yang ditunggu diakhir film. Film dengan rating 17+ ini bisa menjadi rekomendasi bagi para penggemar film Korea yang suka dengan humor konyol khas Korea.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s