Boyband dan Girlband Indoesia Jiplakan?

Industri music kini harus menyediakan ruang yang lebih luas untuk para pendatang baru yang menamakan dirinya Boyband atau Girlband. Fenomena yang ada menunjukkan semakin bertambahnya jumlah boyband dan girlband. Mereka sebagian besar atau bahakan mungkin seluruhnya berkiblat di Korea. Di televisi pun semakin menjamur penampilan mereka di berbagai acara music disemua stasiun tv.

Kalangan ini memang sudah muncul beberapa tahun yang lalu seiring dengan perkembangan boyband dari barat seperti westlife, boyzone, F4 dan sebagainya. Namun itu ternyata tidak mampu bertahan hingga akhirnya muncul lagi yang diwali dengan kemunculan SMASH dan kemudian diikuti oleh yang lainnya. Namun miris juga melihatnya. Anak muda Indonesia yang katanya kreatif malah sebaliknya. Beberapa bahkan meniru “plek” apa yang ada di korea.

Baru-baru ini salah satunya adalah Cherry Bell. Girlband yang beranggotakan 9 orang ini mengeluarkan single terbaru yang berjudl Dilema. Dengan dandanan dan gaya berpakaian ala korea mereka bergaya centil dan imut seperti kebanyakan karakter dalam girlband korea. melihat video klipnya saja sudah mengingatkan kita pada SNSD atau biasa juga disebut Girl Generation, girlband dari korea. gaya berpakaian dan tarian yang dilakukan oleh Cherry Bell ini sedikit banyak terinspirasi (baca : meniru) gaya dari SNSD.

Ini hanya salah satu contoh. Masih banyak lagi contoh plagiasi lain yang dilakukan oleh kalangan baru ini. Hal ini tentu saja membuat kita bertanya, lalu bagaimana dengan karakter ke-Indonesiaan kita sendiri. Sudah saatnya mereka keluar dari cangkang “korea” yang membelenggu mereka. Terinspirasi tentu saja berbeda dengan meniru. Ada banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus terjebak pada zona yang mengharuskan “seperti ini lho gaya boyband atau girlband”. Sudah saatnya mereka menunjukkan identitasnya sendiri. Tidak melulu terjebak pada hal-hal baru yang sedang tren. Sudah bisa dipastikan yang seperti itu pasti akan menghilang secepat dia melesat dulu.

One thought on “Boyband dan Girlband Indoesia Jiplakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s