Jepang : Bulan Akan Punya Cincin Tenaga Surya

Tsunami dan gempa yang melanda Jepang beberapa bulan lalu ternyata tidak menyurutkan sedikitpun semangatnya. Ungkapan-ungkapan “ganbaru-lah” yang membuatnya lebih kuat. Jepang seakan tak pernah diam untuk menghasilkan dan menciptakan teknologi baru. Krisis energi nuklir akibat meledaknya stasiun tenaga nuklir Fukushima menjadi pemicu proyek besar ini.

Kali ini bulan akan menjadi objek teknologi terapannya. Semua energi bumi akan disediakan oleh lunar ring of solar panels. Kedengarannya seperti cerita ilmiah memang, tapi itulah kenyataannya. Permukaan bulan akan “tertempel” panel surya layaknya cermin yang akan membuatnya memiliki cincin. Rencana ini akan diawaki oleh robot yang dapat dikontrol dari bumi untuk menyediakan energi alternatif bumi.

Proyek ambisius akan menghasilkan 13.000 terawatts energi matahari terus menerus yang ditransmisikan kembali ke stasiun penerima di bumi, baik dengan laser atau gelombang mikro. Rencana ini diungkapkan oleh Divisi Riset Konstruksi perusahaan raksasa Shimizu Corporation.

Menurutnya, proyek besar ini akan menghasilkan sebuah band sepanjang 6800 mil yang membentang di sisi cahaya khatulistiwa bulan. Lebarnya sekitar 248 mil dan memiliki antena seluas12 mile-wide yang berfungsi sebagai pengirim energi.

Belum ada waktu yang pasti kapan pembangunannya akan dimulai. Dalam situs Shimizu Corporation hanya dikatakan  “Pergeseran dari penggunaan ekonomis sumber daya yang terbatas untuk penggunaan tak terbatas energi bersih adalah impian semua umat manusia. The Ring Luna, adalah konsep tenaga surya dengan kekuatan bulan, menerjemahkan mimpi menjadi kenyataan melalui ide-ide cerdas ditambah dengan teknologi ruang canggih. Kami mengusulkan The Ring Luna untuk hidup berdampingan tanpa batas dengan umat manusia dan Bumi.”

Perusahaan itu mengklaim proyek ini akan menghilangkan inefisiensi akibat cuaca buruk dan memenuhi semua kebutuhan energi dunia. Rencana panggilan untuk astronot kembali ke bulan dan mulai bekerja dengan bantuan robot yang akan diperlukan untuk tingkat permukaan kawah. Tanah di bulan dapat digunakan untuk membuat air, beton, oksigen dan keramik yang diperlukan untuk proyek tersebut.Pembangunan sistem kereta api untuk menyampaikan bahan-bahan untuk perawatan juga akan menjadi fitur proyek.

Configuration of The Ring Luna
1. Lunar solar cells
To ensure continuous generation of power, an array of solar cells will extend like a belt along the entire 11,000km lunar equator. This belt will grow in width from a few kilometers to 400km. 2. Electric power cables
The cables will transfer the electric power from the lunar solar cells to the transmission facilities.3. Microwave power transmission antennas
The 20km-diameter antennas will transmit power to the receiving rectennas. A guidance beacon (radio beacon) brought from the Earth will be used to ensure accurate transmission.4. Laser power transmission facilities
High-energy-density laser will be beamed to the receiving facilities. A guidance beacon (radio beacon) brought from the Earth will be used to ensure accurate transmission.

5. Transportation route along the lunar equator
Materials needed for the construction and maintenance of the Solar Belt will be transported along this route. Electric power cables will be installed under the transportation route. 

6. Solar cell production plants
The plants will move automatically while producing solar cells from lunar resources and installing them. 

One thought on “Jepang : Bulan Akan Punya Cincin Tenaga Surya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s