Penantian Ujung Toga

“Skripsinya dah sampe mana?”
“Udah bab berapa?”
“Kapan wisuda?”

Tiga pertanyaan itu telah membuat telingaku penuh sesak. Entahlah, sudah begitu banyak yang melemparkan pertanyaan itu dengan mimik yang tak ku mengerti. Mereka sekadar bertanya atau mau membandingkan atau entah motif apa lagi yang bermain di benak mereka. Aku hanya memilih bungkam sambil menyimpulkan senyum atau menjawab dengan jawaban canda. “Bablas..!”

Lebih dari itu semua, ada sebuah kabut pekat yang melingkupiku dingin. Hatiku sealu tergetar, bukan karena takut tapi karena beban yang kuhadapi. Ketika ayahku selalu bertanya mengenai perkembangan skripsi. Aku seakan ingin berteriak. STOPPED! I hate this question!!! Entah kenapa pertanyaan seperti itu dan sejenisnya selalu membuatku kalut. Semakin lama, berkelebat hingga akhirnya berpegaruh pada kondisi jiwaku. Setidaknya itu yang kurasakan.

Usahaku yang sudah kukuatkan harus tetap ku jaga. semua tanda tanya mereka akan aku jawab dengan seruanku. Semua hanya masalah waktu. semua hanya masalah kesabaran. semua hanya masalah usaha. Pelan tapi pasti, aku gantungkan semua usaha dan semangatku atas janji Allah. Janji bahwa bersama kesulitan ada kemudahan. semakin kupercaya, semakin nyata janji Allah.

Aku selalu menantikan peristiwa bersejarah itu. Ketika ujung togaku beralih, didepan mata kedua orang tuaku. Siapa yang tidak bangga. Saat itulah seruanku akan kudengungkan untuk menjawab tanyakan. Bahkan lebih keras dari tanya kalian semua. Saat itu juga, kalian akan percaya betapa kesabaran berbuah manis. Betapa penantian dan usahaku tak pernah lapuk bersama menit-menit yang telah lewat.

Tak usahlah kalian mendengar jawabanku sekarang. Kalian akan melihatnya dengan langsung esok hari. Tak ada yang aneh karena semua adalah usaha dan kerja kerasku sendiri. Sekarang kalian mungkin melihatku terpuruk dalam penantian. Tapi lihatlah esok, penantian atas ujung togaku sudah ada di depan mata! Allah telah memeluk doaku, dan Dia akan memberikannya diwaktu yang sangat istimewa. Betapa kejutan Allah sangatlah indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s