Menang Melawan Waktu

Entah sudah keberapa kalinya ayam berkokok mendahuluiku bangun. Bahkan Taylor Swift yang selalu bernyanyi merdu tak kudengar lagi suaranya beberapa hari terakhir. Kali ini langit masih menyadera matahari di atas sana. Langit bahkan memberikan teror angin dingin yang membuatku takut untuk meninggalkan tempat tidur.

Mataku membuka perlahan melihat cahaya kelabu menerobos masuk melalui jendela. Sentak saja, ku raba bawah bantalku mencari hape. Angka 06.35 yang tertera di sana seakan menertawaiku yang bangun kesiangan. Kupaksa saja badanku bangun dan menggiringnya mengambil air wudhu. Terlambat sudah untuk shalat subuh. Namun udzur berdalih bangun kesiangan menjadi alibi terkuatku untuk tetap melaksanakannya di luar waktu yang seharusnya.

Menahan godaan untuk tidur kembali, ku rasa cukup berhasil dengan membuka akun fesbukku. Olahraga “mouse click” menjadi pilihan penahan kantukku. Di hadapan layar Presario aku menjalankan peranku sebagai ahli tata kota dengan bermain cityville. Saking asiknya, lagi-lagi aku harus ditertawakan oleh angka 09.57 di sudut layar. Ku sabet saja handuk dan perlengkapan MCK yang bergantung di pintu. Mandi yang ekspress pun kujadikan pilihanku untuk mengejar jarum jam.

Hari ini adalah masa penghabisan untuk registrasi semester baru di kampus. Dengan memasang kuda-kuda untuk berlari, kulengkapi tasku dengan segala bekal untuk registrasi berupa lembaran uang biru dan juga foto. TUNGGU DULU…. fotonya ternyata tidak ada lagi. DAMN

Dengan hati yang harus kubuat ikhlas, aku merelakan lembaran terakhir uangku untuk membuat pas foto. setengah berlari, aku menuju studio foto Mustika.

“Saya mau foto ukuran 3×4 dan 2×3. SEKARANG!” tegasku setengah ngos-ngosan.

Tukang foto pun bersiap, berkali-kali ku tanyakan berpa lama selesainya. Jawaban 30 menit sudah membuatku cukup khawatir. Aku harus bisa berlomba dengan jarum jam untuk sampai di kampus sebelum jam 12 siang. walhasil, aku berfoto dengan wajah berhiaskan bulir keringat. Sebelum berfoto, kusapu saja dengan lengan jasku untuk mengurangi kilapan minyak dan keringat.

Pukul 11.00, mereka baru saja berkutat membuat fotoku di mesin ang berderik-derik. Ku intip dari kejauhan, fotoku belum keluar juga. Harap-harap cemas pun menyelimutiku melihat jarum jam yang sepertinya berlari lebih cepat dari yang seharusnya. Kembali kuintip pekerjanya, YES sekarang gunting mulai fokus pada wajahku yang terbagi dalam beberapa kotak berukuran 2×3 dan 3×4. Kubayar mereka dengan lembaran terakhir uang yang aku punya lalu lari mengejar bus ke kampus. Belum sempat menyambarnya, yang ada hanya aku dikentuti dengan asapnya yang putih kebiruan.

Berdiri tak tenang selama 15 menit, akhirnya bus selanjutnya datang menjemput. Langsung saja kusambar di bibir jalan. Aku duduk dikursi belakang menikmati pemegang kemudi yang begitu lama menjalankannya. Mungkin karena merasa semua kursi belum terisi, berlambat-lambatlah dia sambil celingukan mencari penumpang. Kulihat lagi jam yang mengikat kuat di pergelangan tanganku. ketinga jarumnya masih beradu dan mengarah pada 11.35. Melihat jalan di depanku, kuperkirakan aku akan memenangkan lomba ini. LOmba yang kulakukan dengan waktu.

11.47 aku sampai diujung jalan dan berlari kecil menuju kampus. Aku bernapas lega melihat seluruh pegawai yang akan kuhadapi untuk urusan registrasi masih duduk manis menunggu. Hahahha, kali ini waktu harus kalah telak olehku dimenit-menit terakhir. Kunikmati kemenangan ini dengan berlama-lama mengulur waktu untuk melakukan semua prosesi registrasi. Menyerahkan lembaran biru untuk SPP, mengisi KRS dan tak lupa menempelkan fotoku yang tersenyum lebar, seakan tahu kemenangan manis yang kurasakan ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s