Pasar Masukan (Input)

Pendahuluan

            Kegiatan ekonomi yang dilakukan antarpelaku ekonomi dalam suatu perekonomian, yaitu antara rumahtangga dan perusahaan melalui pasar input (faktor produksi) dan pasar output (produk barang dan jasa). Pasar output, bertindak sebagai panjual outpu adalah perusahaan dan sebagai pembeli output adalah rumahtangga.

Pada pasar input, bertindak sebagai penjual input adalah rumahtangga dan sebagai pembeli adalah input adalah perusahaan. Karena adanya berbagai perilaku penjual dan pembeli di pasar input maka mengakibatkan ada pengelompokan karakteristik pasar input antara lain pasar monopsoni.

Derived Demand

Input dibutuhkan dalam perusahaan, karena perusahaan dalam melakukan kegiatan produksinya menghasilkan output yang berupa  barang dan jasa. Input-input sangat dibutuhkan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan output, input yang baik akan menghasilkan output yang baik pula kualitasnya. Sehingga input sangat diperlukan oleh perusahaan sesuai jenis output apa yang ingin mereka hasilkan.

Berdasarkan  jumlah dan jenis yang dibutuhkan perusahaan tergantung  jumlah dan  jenis output apa yang akan diproduksi. Keputusan dalam menetapkan sangat berperan penting tentang berapa banyak hasil yang ingin diproduksi. Sebab keputusan perusahaan tentang berapa banyak barang ingin diproduksi dan jenisnya ini sebagai penentuan tingkat output akan menghasilkan keuntungan yang maksimum.

Beradasarkan penjelasan dalam  Diagram Alir Melingkar Perekonomian, maka dapat dipahami  bagaimana  manfaatnya dari pasar Input tersebut yang diterima dari perusahaan dan  imbalannya kepada rumah tangga sebagai penerima hasil dari usahanya.

Manfaat Analisis Permintaan Input

Manfaat dalam input sendiri bagi perusahaan dan imbalan apa yang akan diterima rumahtangga, sangat jelas sekali nampak pada Diagram tersebut ditunjukkan bahwa perusahaan akan memanfaatkan input tersebut untuk kebutuhannya dalam rangka kegiatan produksi menghasilkan produk yang serupa dengan barang dan jasa.

Analisis Manfaat Input bagi Perusahaan, apabila sektoktor perusahaan mampu menggunakan kombinasi inputnya secara efisien maka produsen akan mengeluarkan biaya produksi yanng lebih murah dan apabila biaya produksinya labih murah maka perusahaan akan mamiliki daya saing yang kuat dan lenih unggul dari pada sektor perusahaan lain yang tidak mampu menggunakan kombinasi inputnya secara tidak efisien.

            Analisis Imbalan yang akan Diterima Rumahtangga, pendapatan yang di terima oleh rumahtangga tergantung jenis input yang ditawarkan oleh rumahtangga kepada perusahaan. Besar kecilnya pendapatan dari rumahtangga tergantung harga dan jumlah masing-masing input yang digunkan oleh perusahaan.

Pasar Monopsoni

Penyebab timbulnya pasar monopsoni antara lain disebabka oleh kondisi geografi dan penggunaan tenaga kerja spesialis. Kondisi geografis ini mampu mendorong terjadinya pasar monopsoni penyebab utamanya pasar monopsoni karena perusahaan yang ada yang berada di suatu daerah yang relatif kecil merupakan satu-satunya sumber penggunaan tenaga kerja.

Penggunaan tenaga kerja juga dijadikan permasalahan yang dapat terjadinya pasar monopsoni dimungkinkan pendapatan tenaga kerja tersebut tidak menarik bagi tenaga kerja sehingga penawaran tenaga kerja untuk perusahaan tersebut menjadi in elastis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s