Sepuluh Penulis Dunia Berpenghasilan Terbesar

Muramnya kondisi ekonomi global ternyata juga dirasakan oleh penerbit buku. Dengan melempemnya harga penjualan buku hardcover dan tantangan dari e-book, perusahaan penerbit mulai banyak yang mengalami penurunan. Akan tetapi 10 penulis ternama dunia ini ternyata baik-baik saja dan justru semakin kaya. Selama periode Juni 2009 – Juni 2010, sepuluh pengarang ini menikmati total pendapatan sebesar 270 juta dolar.

James Patterson menjadi penulis dengan pendapatan terbesar pada periode di atas, naik satu peringkat dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pria yang dulu berprofesi sebagai copywriter junior ini terlibat langsung dengan desain sampul dan pemasaran buku-buku karyanya. Tercatat bahwa satu dari 17 novel yang terjual di AS merupakan hasil kejeniusan pria ini. Selama dua tahun belakangan ia telah menghasilkan angka fantastis 500 juta dolar untuk perusahaan penerbitnya, Hachette. Pada periode Juni 2009 – Juni 2010 Patterson menghasilkan 70 juta dolar. James Patterson lahir tahun 1947 di Newburgh, New York. Ia lulus dengan predikat summa cum laude berbekal gelar MA Bahasa Inggris dari Vanderbilt University, lalu meniti kariernya pada tahun 1971 sebagai junior copywriter di perusahaan periklanan J.Walter Thompson. Sejak itu kariernya melesat pada usia 39 tahun Patterson menjadi direktur kreatif termuda dalam sejarah perusahaan tersebut. Pada usia 27 tahun ia menerbitkan karya pertamanya, The Thomas Berryman Number, yang berhasil meraih penghargaan Edgar Award untuk kategori Best First Novel. Sejak saat itu ia telah menulis beberapa novel, tapi nasibnya berubah dalam semalam tatkala Aling Came A Spider dipublikasikan pada tahun 1993, memperkenalkan detektif/psikolog kulit hitam, Alex Cross. “Novel-novel Alex Cross adalah tentang mimpi buruk,”ujarnya,”mimpi buruk dalam kehidupan nyata”. Kiss the Girls dan Along Came A Spider sudah difilmkan dengan judul yang sama, dibintangi Morgan freeman sebagai Alex Cross.

Nama Stephenie Meyer melejit melalui tetralogi Twilight Saga, sebuah novel cinta yang mengisahkan kisah cinta antara vampir, manusia, dan manusia serigala. Tetralogi Twilight telah terjual sebanyak 40 juta kopi di AS dan 100 juta kopi di seluruh dunia. Pundi-pundi uang Meyer bertambah sebesar 40 juta dolar pada periode Juni 2009 – Juni 2010, di antaranya karena kesuksesan film yang diangkat dari novel ketiganya, Eclipse. Stephenie Morgan Meyer (lahir di Hartford, Connecticut Amerika Serikat, 24 Desember 1973; umur 37 tahun) adalah seorang penulis novel Amerika Serikat. Ia dikenal dengan karyanya Twilight series yaitu Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking dawn. Salah satu novelnya, Twilight telah diproduksi dalam bentuk layar lebar. Karyanya yang lain antara lain adalah Midnight Sun, Twilight dari sudut pandang Edward Cullen. Stephenie Meyer telah membuat beberapa novel dari seri twilight maupun bukan seri twilight. Awal mula ia menulis cerita tentang twilight berdasarkan atas mimpinya tentang seorang gadis yang jatuh cinta terhadap seorang vampire.

Di posisi ketiga dengan jumlah pendapatan sebesar 34 juta dolar adalah novelis bergenre horror Stephen King (siapa yang tidak ingat buku IT dan Congo yang mendebarkan?) Pria ini baru saja merilis novelnya yang ke-51, Under the Dome, di bulan November 2009 lalu. Hingga saat ini buku tersebut telah terjual sebanyak 600,000 kopi menurut Nielsen BookScan. Karya terbarunya itu disebut-sebut telah menarik minat DreamWorks TV untuk diangkat ke layar lebar. Drama seri yang ditayangkan di stasiun televisi SyFy juga diangkat dari karyanya, The Colorado Kid.

Danielle Steel tampaknya tidak mengherankan lagi untuk menghiasi daftar terbaru ini. Novelis romance ternama dunia ini telah menghasilkan 32 juta dolar pada periode Juni 2009 – Juni 2010. Steel dikabarkan akan merilis 4 buku baru di tahun 2010 ini dengan rata-rata honor awal per buku sebesar 7 juta dolar. Penulis laris ini juga berhasil memenangkan gugatan sebesar 1 juta dolar dari mantan asistennya yang telah melakukan penggelapan sebesar 760,000 dolar darinya. Ibu sembilan anak ini adalah pengarang favorit di Amerika sehingga penerbitnya berani mengatakan, “America reads Danielle Steel”, sebab semua orang Amerika mengenal Danielle Steel. Namanya telah masuk dalam The Guinness Book of Records karena prestasinya yang luar biasa. Dalam waktu 381 minggu berturut-turut, selalu ada paling tidak satu bukunya yang masuk dalam daftar bestseller The New York Times. Sebagian besar karyanya telah dibuat miniseri TV.

Novelis asal Inggris Ken Follett berhasil masuk di posisi ke lima dari penulis dengan pendapatan tertinggi pada periode Juni 2009 – Juni 2010, dengan mengantongi 20 juta dolar. Pillars of the Earth karya Follett telah diadaptasi menjadi sebuah serial TV yang ditayangkan perdana pada bulan Juli lalu, dengan pemeran Donald Sutherland. Pillars of the Earth dinilai sebagai novel terbaik kedua di dunia oleh para pembaca The Times London, hanya kalah oleh To Kill a Mockingbird karya Harper Lee. Tahun 1973 ia bekerja sebagai kolumnis Evening News, London. Lama kelamaan ia merasa frustasi dengan pekerjaannya di Evening News dan mulai menulis pada akhir pekan dan malam hari. Ia tidak berhenti dari pekerjaan tetapnya meskipun sudah berhasil menerbitkan buku-bukunya. Pada saat itu Ken menganggap menulis hanya sebagai “hobi yang menghasilkan”.Β 

Eye of the Needle yang terbit tahun 1978 dan merupakan buku ketiganya menjadi bestseller serta memenangkan Edgar Award. Setelah itu Ken berhenti bekerja dan memfokuskan diri untuk menulis. Tahun 1984 Ken bercerai dan menikah lagi dengan Barbara Broer yang merupakan anggota Parlemen. The Third Twin menduduki urutan kedua daftar buku bestseller sepanjang tahun 1997, dan hanya kalah dari novel John Grisham, The Partner.

Di posisi keenam adalah Dean Koontz yang novel terbarunya, The Husband, baru keluar di bulan Mei lalu. Novelnya yang berjumlah 44 telah sukses menjadi best seller menurut New York Times. Koontz mengantongi 18 juta dolar.

Dean Koontz adalah novelis Amerika paling ternama. Ia telah menulis lebih dari 50 judul novel. Kebanyakan karyanya tergolong pada The New York Times Bestseller, antara lain Brother Odd, Velocity, Life Expectancy, By the Light of the Moon, From the Corner of his Eye, False Memory, Dark Rivers of the Heart, dan Intensity.

Janet Evanovich berada di posisi ketujuh dengan pendapatan sebesar 16 juta dolar. Setelah menulis 12 novel romantis, perempuan yang menikah pada 1964 ini menyadari dirinya lebih tertarik menulis adegan aksi dibandingkan seks. Namun, editornya tidak setuju dengan perubahan minat tersebut.

Evanovich dengan cepat memutuskan ingin menulis novel petualangan romantis. Terinspirasi dari film Robert De Niro berjudul ‘Mignight Run,’ dan memutuskan tokoh pahlawan perempuannya adalah seorang bounty hunter.

Pada 1994, novel petualangan romantis perdananya terbit dengan judul ‘One for the Money.’ Novel tersebut menjadi buku pertama dari rangkaian serial yang menampilkan tokoh utama bounty hunter bernama Stephanie Plum.

Evanovich juga menjual hak cipta pembuatan film berdasarkan bukunya kepada Columbia Tristar. Pada Februari 2010, aktris Katherine Heigl telah setuju memainkan karakter Stephanie Plum, setelah aktris Reese Witherspoon menolak membintangi tokoh tersebut. Berdasarkan jadwal, proses produksi film tersebut dimulai pada Juli ini.

Penulis thriller hukum John Grisham berada di tempat kedelapan dengan pendapatan 15 juta dolar. Buku terbarunya, Theodore Boone: Kid Lawyer merupakan langkah perdananya mengambil pasar remaja.

Pada tahun 1984, Grisham hadir di ruang pengadilan DeSoto County, Hernando ketika kesaksian diberikan oleh anak perempuan berusia 12 tahun yang menjadi korban perkosaan.[2] Menurut situs resmi Grisham, novel pertamanya ditulis di waktu luang sambil “membayangkan apa yang akan terjadi bila ayah si anak perempuan membunuh para pemerkosa.”[2] Ia “menghabiskan tiga tahun untuk menulis Saat Untuk Membunuh yang diselesaikannya pada tahun 1987. Novel tersebut awalnya ditolak oleh sejumlah penerbit, namun akhirnya dibeli Wynwood Press. Novel pertamanya dicetak sejumlah 5 ribu eksemplar dan terbit bulan Juni 1988. Setelah Saat Untuk Membunuh selesai, novel lain mulai ditulisnya. Kali ini tentang pengacara muda yang “terpikat untuk bergabung dengan biro hukum yang sepintas lalu terlihat sempurna.” Novel keduanya, Biro Hukum berada di peringkat ke-7 novel terlaris di Amerika Serikat tahun 1991. Publishers Weekly menyatakan Grisham sebagai “novelis terlaris tahun 1990-an” dengan total penjualan 60.742.289 eksemplar. Grisham adalah salah satu dari sejumlah kecil penulis yang cetakan pertama bukunya bisa terjual dua juta eksemplar, namanya bisa sejajarkan dengan Tom Clancy dan J.K. Rowling.

Nicholas Sparks yang merupakan novelis romance berada di tempat kesembilan dengan pendapatan sejumlah 14 juta dolar. Ia lahir di Omaha, Nebraska, pada Malam Tahun Baru, tepat 80 menit sebelum tahun 1966. Beasiswa penuh dari University of Notre Dame diperolehnya sebagai atlet lari di Universitas tersebut. Namun cedera yang dialaminya setalah memecahkan rekor lari estafet 4×800 meter membuat Sparks “terpaksa” menghabiskan waktunya untuk menulis agar tidak membuat ibunya kesal. Pria romantis yang terpilih oleh majalah People sebagai “Penulis Terseksi” ini jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Cathy, yang dinikahinya pada tahun 1989, setahun setelah mereka bertemu. Setelah menjual novelnya The Notebook, barang pertama yang dibelinya adalah cincin kawin baru untuk istrinya. Namanya semakin terangkat setelah Message in the Bottle difilmkan dengan bintang utama Kevin Costner pada tahun 1999. A Walk to Remember yang oleh banyak kritikus dianggap sebagai karya terbaiknya juga difilmkan dengan bintang utama Mandy Moore. Nicholas Sparks sekarang tinggal New Bern, North Carolina, bersama seorang istri dan empat anak.

JK Rowling adalah miliarder dunia pertama dari kalangan novelis, berkat tujuh buku Harry Potter-nya. Dalam salah satu episode The Simpson, Lisa Simpson bertemu dengan Rowling dan mengungkapkan kekagumannya. Menurutnya Harry Potter telah menggerakkan satu generasi untuk kembali membaca. Rowling yang belum mengeluarkan buku setelah berakhirnya petulangan Harry Potter membukukan 10 juta dolar pada periode Juni 2009 – Juni 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s