PENYIHIR ABAD 21

Di sinilah letak kekuatan sihir J.K. Rowling. Tak dapat disangsikan lagi kepopuleran tokoh Harry Potter. Sosok fiksi hasil dari tangan dingin seorang ibu single parents, Joanne Kathleen Rowling telah memukau seluruh dunia. Kepiawaiannya dalam membuat cerita fantasi telah menghasilkan 7 seri buku dan telah difilmkan. Ceritanya pun tidak hanya digemari anak-anak. Ke tujuh serial Harry potter bahkan menjadi santapan orang-orang dewasa. Kisah anak dengan luka sambaran petir di dahinya itu telah mampu menghipnotis banyak orang di dunia.

Jo, begitu dia sering disapa tidak hanya mengandalkan fantasi yang ada di benaknya. Kemampuannya dalam memadukan fantasi yang ada dibenaknya dengan tokoh-tokoh mitos masa lalu begitu nyata. Selain menyajikan kisah fiksi, dia juga memberikan penjelasan mengenai tokohnya. Misalnya batu bertuah yang diciptakan oleh seorang penyihir untuk hidup abadi, darah unicorn yang berwarna perak yang juga mampu memberikan keabadian dan banyak lagi fakta lainnya. Bahkan nama Harry Potter ditemukan Jo dalam sebuah buku telepon.

Mantra-mantra yang digunakan dalam Harry Potter juga dibuat dengan begitu menarik. Salah satunya adalah Riddikulus. Mantra tersebut digunakan untuk mengusir Boggart yang dapat berubah wujud sesuai dengan apa yang kita takuti. Mantra riddikulus diambil dari bahasa Inggris β€œridiculous” yang berarti menertawakan atau menggelikan. Mengapa menggunakan kata riddikulus? Hal ini karena ketika menggunakan mantra ini maka makhluk yang kita takuti akan berubah menjadi hal yang lucu. Mantra Expecto Patronum yang digunakan untuk melindungi diri dari serangan Dementor yang akan menghisap kebahagiaan berasal dari bahasa latin. Expecto berarti berharap atau menunggu, sedangkan Patronum berarti pelindung. Jadi sama seperti fungsinya, kata-kata dalam mantra ini berarti menunggu/ mengahrapkan perlindungan

Yang paling menakjubkan dari kisah ini adalah Harry Potter telah menginspirasi beberapa ilmuwan. Salah satu produk Harry Potter, jubah gaib yang mampu membuat pemakainya menjadi tak terlihat menjadi tembus pandang. Hal ini bukan mejadi hal yang tak mungkin lagi. Pasalnya beberapa ilmuwan telah berhasil membuatnya. Jubah gaib versi ilmuwan ini dibuat dengan warna perak yang mampu membelokkan cahaya yang jatuh pada jubah gaib. Dan hasilnya kita pun menjadi tak terlihat.

Masih terinspirasi dengan keajaiban Harry Potter, beberapa ilmuwan telah berhasil memindahkan sebuah batu dari satu tempat ke tempat lain tanpa menggerakkannya. Dengan alat yang diciptakannya, partikel-partikel batu tersebut dipindahkan ketempat lain sehingga keseluruhan batu tersebut dapat berpindah tempat. Walaupun baru berhasiol pada batu saja, ini adalah sebuah awal. Bukan tidak mungkin jika suatu saat orang-orang bisa ber-Apparatte (menghilang dengan tiba-tiba) dan ber-Disapparatte (muncul secara tiba-tiba di tempat lain).

One thought on “PENYIHIR ABAD 21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s