Review Manajmen pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.

Bauran Pemasaran terdiri dari :

Empat P
Produk (produk)
Price (harga)
Place (tempat)
Promotion (promosi)

Empat C
Costumer needs and wants (kebutuhan dan keinginan pelanggan)
Costumer cost (biaya pelanggan)
Convenience (kenyamanan)
Communication (komunikasi)

Isi Rencana Pemasaran
β€’ Ikhtisar eksekutif dan daftar isi menyajikan tinjauan singkat tentang rencana yang diusulkan.

β€’ Situasi pemasaran terkini menyajikan data tentang latar belakang yang relevan mengenai penjualan, biaya, laba, pasar, pesaing, distribusi dan lingkungan makro.

β€’ Analisis peluang dan isu mengidentifikasi peluang/ancaman utama, kekuata/kelemahan dan isu-isu yang dihadapi oleh lini produk

β€’ Tujuan menetapkan sasaran-sasaran rencana pemasaran dan financial berdasarkan volume penjualan, pangsa pasar dan laba

β€’ Strategi pemasaran menyajikan pendekatan pemasaran luas yang akan digunakan untuk mencapai tujuan rencana

β€’ Program tindakan menyajikan program pemasaran khusus yang dirancang untuk mencapai tujuan bisnis

β€’ Proyeksi laporan laba-rugi peramalan hasil financial yang diharapkan dari rencana itu
β€’ Pengendalian menunjukkan bagaimana rencana itu akan dipantau

Ukuran pasar terbagi menjadi :

  1. Pasar potensial adalah sekumpulan konsumen yang menyatakan tingkat minat yang memadai terhadap suatu tawaran pasar.
  2. Pasar yang tersedia adalah sekumpulan konsumen yang mempunyai minat, pendapatan dan akses terhadap tawaran pasar tertentu.
  3. Pasar tersedia yang sekelompok adalah pelanggan yang mempunyai minat, pendapatan, akses dan kualifikasi untuk tawaran pasar tertentu memenuhi syarat.
  4. Pasar sasaran adalah bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat dan telah diputuskan oleh perusahaan untuk dimasuki.
  5. Pasar yang tertembus adalah sekumpulan konsumen yang telah membeli produk perusahaan.

Segmentasi pasar terbagi menjadi 4 yakni segmentasi geografis, demografis, perilaku dan psikografis.

Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, kota, provinsi atau lingkungan keluarga. Perusahaan dapat memutuskan untuk beroperasi dalam satu atau sedikit wilayah geografis atau beroperasi dalam seluruh wilayah tapi memberikan perhatian pada perbedaan lokal.

Segmentasi demografis

Dalam segmentasi demografis, pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia, ukuran keluarga, siklus keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, agama, pendidikan, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas sosial. Variabel-variabel demografis merupakan dasar yang paling populer unutk membedakan kelompok-kelompok pelanggan. Salah satu alasannya adalah bahwa keinginan, preferensi (kelebih-sukaan), dan tingkat pemakaian konsumen sangat berhubungan dengan variabel-variabel demografis. Alasan lain adalah bahwa variabel-variabel demografis lebih mudah dukur daripada kebanyakan variabel lainnya. Bahkan jika pasar sasaran diuraikan ke dalam faktor-faktor non-demografis, hubungan dengan karakteristik demografis dibutuhkan untuk mengetahui ukuran pasar sasaran dan media yang harus digunakan untuk menjangkaunya secara efektif.

Segmentasi perilaku

Dalam segmentasi perilaku, pembeli dibagi menjadi tiga kelompok, yakni berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap produk tertentu. Banyak pemasar yang yakin bahwa variabel perilaku – kejadian, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, dan sikap – merupakan titik awal terbaik dalam membentuk segmen pasar.

Segmentasi psikografis

Dalam segmentasi psikografis, para pembeli dibagi menjadi kelompok berbeda berdasarkan gaya hidup atau kepribadian atau nilai. Orang-orang dalam kelompok demografis yang sama dapat menunjukka gambaran psikografis yang sangat jauh berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s